wisata hobby dan lingkungan hidup

Minggu, 03 Juli 2016

DARI BANDUNG BERWISATA KE PANGANDARAN

Tulisan terkait : Dari Bandung ke Pangandaran , Melihat Sunset dan Sunrise di Pangandaran  Tempat Wisata Pangandaran  Cagar Alam Pangandaran  Wisata Green Canyon

Setelah sepuluh tahun yang lalu saat terakhir kami ke Pangandaran, pada 23 Februari 2016 yang lalu, saya bersama istri kembali berwisata ke Pantai Pangandaran. Hari itu Selasa, pagi-pagi pukul 06.30 kami berangkat dari rumah kami di Cileunyi. Kami hanya berangkat berdua dengan mengendarai mobil minibus hitam kesayangan. Cuaca cukup cerah meskipun bulan Februari merupakan periode musin hujan, demikian juga lalu lintas juga lancar. Hanya di daerah Rancaekek dan Cicalengka kondisinya ramai dan sedikit macet. Selanjutnya semuanya lancar dan saya dapat memacu kendaraan dengan nyaman.
Berjalan di pasir
Perjalanan berturut-turut melewati Rancaekek, Cicalengka, Nagrek, Limbangan, Malangbong , Tasik, Ciamis, Banjar. Akhirnya setelah lima jam berkendara dan menempuh jarak sekitar 220 kilometer, sekitar pukul 12.00 kamipun memasuki kota Pangandaran. Untuk memasuki daerah sekitar pantai yang merupakan kawasan wisata Pangandaran maka kami harus membayar karcis. Besarnya sekitar Rp 35.000,- sudah termasuk tarip masuk penumpang dan mobil.
Kami langsung menuju ke hotel yang sudah dipesan sebelumnya, yaitu hotel Arnawa. Suasana hotel , dan juga suasana kawasan wisata Pangandaran relative sepi. Memang biasanya pada hari Selasa seperti itu. Berbeda jika pada akhir pekan, wisatawan membludak dan ramai. Kamipun bisa langsung Check ini dan beristirahat di hotel.

Setelah beristirahat dan sholat Dhuhur, sekitar pukul 12.30 kami coba keluar untuk ke Pantai sekalian mencari makan siang. Meskipun jarak ke pantai cukup dekat, yaitu sekitar 200 meter, tetapi terasa jauh karena cuaca panas dan matahari bersinar terik. Tapi untunglah sesampainya di pantai kami disuguhkan pemandangan laut yang indah dengan air laut berkejaran membentuk ombak yang susul menyusul.
Kamipun coba berjalan di pinggir pantai, merasakan sejuknya air laut yang menerpa. Sekali-sekali kami harus berlarian mengindari ombak yang datang, karena bisa-bisa celana yang kami pakai basah oleh ombak yang datang secara cepat. Di kejauhan terlihat beberapa orang yang bermain di pantai. Terdapat juga beberapa orang yang berenang di pantai, atau menyewa perahu untuk berkeliling di sekitar pantai Pangandaran.
Namun suasana pantai relative sepi karena bukan di akhir pekan. Kebanyakan perahu dan speed boat malah parkir atau merapat di pinggir pantai.Disamping itu juga karena di tengah hari yang terik, membuat pengunjung lebih senang beristirahat di hotel.
Deretan perahu wisata
Setelah selama sekitar satu jam kami bermain-main di pantai. Badan terasa panas dan berkeringat. Perut juga sudah keroncongan, maka kamipun meninggalkan pantai, kembali ke hotel sambal mencari rumah makan atau restoran. Ternyata meskipun banyak terdapat rumah makan, tetapi kebanyakan tidak buka dan suasananya juga terlihat sepi. Akhirnya apa boleh buat karena sudah kelaparan kamipun singgah di sebuah rumah makan yang terlihat buka dan lumayan keadaannya. Kamipun makan disana, lumayan, namun kayaknya pelayanannya seadanya. Padahal harga yang ditagihkan cukup mahal. Memang begitulah risikonya kalau kita makan di rumah makan yang terlihat sepi. Harga mahal bukan berarti makanannya enak.
Ombak berkejaran di pasir
Selesai makan, dengan perut kenyang dan berkeringat, kami langsung balik ke hotel dan beristirahat. Lumayan juga badan capek, pagi-pagi sudah siap-siap, lalu mengenderai mobil selama lima jam, istirahat sebentar di hotel dan langsung jalan di terik matahari karena ingin segera melihat pantai yang indah. Saatnya memulihkan tenaga. Nanti sore dilanjutkan lagi dengan kegiatan mengeksplorasi objek wisata di Pangandaran.