wisata hobby dan lingkungan hidup

Kamis, 07 Juli 2016

TEMPAT WISATA DI PANTAI PANGANDARAN


Silahkan Klik Topik Lainnya :

Kegiatan Lingkungan dan Fakultas Teknik,  Wisata Padang Sumatra Barat,  Umroh Makkah Madinah,  Wisata Singapore,  Wisata Phuket Thailand,  Wisata Karimunjawa,  Wisata Malang Bromo,  Wisata Ende Flores,  Wisata Tidung Kepulauan Seribu,  Wisata Pangandaran,  Wisata BandungWisata Malang Batu,  Wisata Melaka Kuala Lumpur

Pantai Pangandaran merupakan kawasan wisata terkenal yang terletak di Selatan Jawa barat. Kawasan wisata ini terletak di kabupaten Pangandaran. Dengan jarak sekitar 210 kilometer dari kota Bandung, dapat dicapai lewat darat dengan waktu sekitar 5 sampai 6 jam dari Bandung. Pemandangan pantai yang indah dengan ombaknya, serta adanya lokasi untuk melihat matahari terbit (sunrise) dan matahari tenggelam (sunset) menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik dan mancanegara untuk berkunjung ke daerah itu. Apalagi pada akhir pekan serta saat-saat liburan, kawasan tersebut semakin membludak dikunjungi oleh para wisatawan.


Tulisan terkait : Dari Bandung ke Pangandaran , Melihat Sunset dan Sunrise di Pangandaran  Tempat Wisata Pangandaran  Cagar Alam Pangandaran  Wisata Green Canyon


Keunggulan Pangandaran disamping wisata pantainya yang terpusat di kota pangandaran, juga karena banyaknya objek wisata menarik lain yang jaraknya tidak berjauhan. Dengan demikian para wisatawan dapat sekaligus menikmati berbagai lokasi wisata dalam satu kali perjalanan.
Berikut adalah beberapa diantara tempat wisata yang populer di kawasan pantai Pangandaran :

1.  Pantai Barat Pangandaran
Pantai Pangandaran merupakan primadona wisata di Jawa Barat.  Pada lokasi wisata ini terdapat berbagai kegiatan wisata yang menyenangkan, antara lain berenang, memancing, berkeliling naik sepeda, naik perahu, jetski dan sebagainya. Kegiatan wisata air yang menyenangkan tersebut didukung oleh kondisi pantai Pangandaran yang memiliki air laut yang jernih dan bersih. Dengan demikian daerah pantai Barat Pangandaran tersebut menjadi tempat favorit bagi keluarga dan anak-anak.
Di lokasi  kawasan Pangandaran yang terbagi menjadi pantai Barat dan Pantai Timur tersebut tersedia banyak hotel dan penginapan dengan harga yang bervariasi, dari yang murah sampai yang mahal, sehingga para wisatawan dapat memilih hotel sesuai kondisi yang diinginkan.


Deretan perahu di pantai Barat
Matahari tenggelam


2.  Pantai Timur Pangandaran
Pantai pangan  Pantai Pangandaran dapat dibagi atas dua, yaitu Pantai Barat dan Pantai Timur. Antara Pantai Barat dan Pantai Timur dipisahkan sebuah tanjung atau semenanjung yang menjorok ke arah Selatan. Jarak antara kedua pantai tersebut tidak jauh yaitu hanya sekitar 500 meter sampai 1 km saja. Jadi dapat ditempuh dengan berjalan kaki. Kalau di pantai Barat mempunyai ombak yang tenang sehingga para pengunjung dapat berenang, berperahu, bermain jetsky, ataupun berselancar. Maka di Pantai Timur ombaknya lebih besar, beberapa lokasi lautnya dalam dan ombaknya lebih besar. Dengan demikian pantai Timur merupakan lokasi pelabuhan perikanan di Pangandaran.
Di pantai Timur banyak dijual hasil laut seperti ikan, kepiting, cumi dan udang. Disana merupakan lokasi utama untuk menikmati kuliner yang banyak tersedia di restoran-restoran hasil laut. Terdapat juga banyak kios-kios yang menjual ikan, cumi, yang telah dikeringkan untuk oleh-oleh.
Kegiatan lain yang dapat kita lakukan di pantai Timur adalah melihat matahari terbit (sunrise). Untuk itu para wisatawan berangkat ke pantai Timur pagi-pagi selepas Subuh. Menjelang terbitnya matahari langit di ufuk timur terlihat indah, diikuti munculnya matahari dari dalam laut. Wisatawan juga dapat melihat perahu para nelayan yang berseliweran serta kegiatan menjaring ikan yang unik.


Sunrise di ufuk Timur



Dermaga penangkap ikan


3.  Cagar Alam Pananjung.
Lokasi Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran dipisahkan sebuah tanjung atau semenanjung yang menjorok ke arah Selatan. Bentuk tanjung yang cukup luas tersebut mirip paha ayam seperti yang ada di bagian Selatan pulau Bali. Pada tanjung tersebutlah terletak Cagar Alam Pananjung yang menjadi objek wisata dengan nuansa hutan yang menarik.
Di kawasan cagar alam Pananjung tersebut kita dapat berpetualang menyusuri sejumlah objek seperti goa peteng, goa parat dan batu gamelan, serta benteng pertahanan peninggalan tentara Jepang. Pengunjung juga dapat menyaksikan berbagai hewan liar seperti rusa, monyet ekor panjang dan burung-burung laut.
Untuk mengunjungi Cagar alam Pananjung dapat dicapai dengan berjalan kaki, baik dari pantai Barat maupun pantai Timur karena lokasinya persis diapit oleh pantai Barat dan Pantai Timur.
Selain berjalan kaki di dalam cagar alam, kita juga dapat mengelilingi semenanjung ini dengan menyewa perahu nelayan dan singgah di pantainya yang berpasir putih.


Cagar alam Pananjung
4.  Green Canyon atau Cukang Taneuh
Nama asli lokasi wisata ini adalah Cukang Taneuh, namun sangat dikenal secara luas sebagai Green Canyon yang asalnya dipopulerkan oleh seorang wisatawan berkebangsaan Perancia pada tahun 1993. Green Canyon terletak di desa Kertajaya, kecamatan Cijulang. Jarak Green Canyon dari Pangandaran adalah sekitar 31 km arah ke Barat. Daya Tarik Green Canyon adalah sungai Cijulang yang mengalir melintas menembuh gua yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit. Para wisatawan dapat menyewa perahu untuk menyusuri sungai Cijulang dan menikmati keindahan alam dan air sungai yang jernih. Selain berlayar dengan perahu, para wisatawan juga dapat berenang dan menyelam di sungai. 

Tulisan terkait : Dari Bandung ke Pangandaran , Melihat Sunset dan Sunrise di Pangandaran  Tempat Wisata Pangandaran  Cagar Alam Pangandaran  Wisata Green Canyon

-----------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.