wisata hobby dan lingkungan hidup

Minggu, 30 Oktober 2016

KUNJUNGAN PRODI TEKNIK LINGKUNGAN UNWIM KE PT DIRGANTARA INDONESIA

Kegiatan FT Unwim lainnya : Studi Lapangan tahun 2014

Senin, 24 Oktober 2016, kami dari Prodi Teknik Lingkungan Universitas Winaya Mukti dalam rangka kunjungan industri, berkesempatan mengujungi PT. Dirgantara Indonesia yang merupakan salah satu BUMN industri aviasi nasional. PT DI  yang berada di kawasan Husein Sastranegara, Bandung. menempati wilayah yang luas sekitar 40 Ha , saat ini memiliki dengan sekitar 4000 karyawan. PT DI didirikan pada bulan April 1976 dengan nama PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio, dipimpin oleh Prof. Dr. Ing. B.J.Habibie.  Pada bulan April 1986, nama perusahaan diganti menjadi PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) dan tanggal 24 Agustus 2000, nama perusahaan secara resmi diubah oleh Presiden Republik Indonesia saat itu menjadi PT Dirgantara Indonesia (PTDI).


Selfi sebelum berangkat 
PT DI mempunyai Misi sebagai pusat keunggulan di bidang industri dirgantara terutama dalam rekayasa, rancang bangun, manufaktur, produksi dan pemeliharaan untuk kepentingan komersial dan militer dan juga aplikasi di luar industri dirgantara. Menjalankan usaha dengan selalu berorientasi pada aspek bisnis dan komersial dan dapat menghasilkan produk jasa yang memiliki keunggulan biaya. Kegiatan usaha utama PT.DI adalah memproduksi, memasarkan, menjual dan mendistribusikan hasil produksi industri kedirgantaraan dan pertahanan & keamanan berupa pesawat terbang dan helikopter, komponen pesawat terbang, pemeliharaan dan modifikasi pesawat terbang, sistem persenjataan dan jasa teknologi.
Setelah menyimpan HP dan kamera di resepsionist, kami diterima oleh ibu Rahayu Gelar Purnama , Pak Edi Sukmana dan ibu Diva di ruang pertemuannya yang nyaman untuk melihat beberapa video yang diantaranya berupa  Company profile dan  penerapan K3.   Selanjutnya dilakukan kunjungan tur keliling pabrik untuk  melihat secara langsung  pembuatan pesawat dari pembuatan komponen dan berbagai material hingga perakitan menjadi satu pesawat. Ruang pertama yang kami kunjungi adalah ruang Receiving yang merupakan lokasi penerimaan bahan baku, baik berupa logam maupun bahan baku non logam . Pemeriksaan meliputi jumlah, kualitas dll. Setelah itu masuk ke ruang Precutting yang merupakan ruang pemotongan bahan baku, dilanjutkan mengunjungi Metal Forming Shop, Surface Treatment Shop, Bonding Composite, Painting Inspection dan  IPAL Electroplating.
Tidak terasa hari semakin siang disertai dengan hujan lebat, setelah menyusuri beberapa ruang dan hanggar, selesai sudah acara tur dan kami kembali keruang pertemuan untuk sesi tanya jawab. Setelah selesai acara ini, diharapkan mahasiswa  dapat lebih memahami proses produksi, pengelolaan limbah dan penerapan K3 di PT.DI.

Foto bersama di Conference Room
Penyerahan plakat dari Prodi Teknik Lingkungan FT UNWIM


Setelah berbagai acara kunjungan dan penjelasan yang cukup padat dari PT DI , maka pada pukul 14.00 kamipun mengakhiri kunjungan dengan perasaan puas karena mendapat tambahan pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi proses pembelajaran di teknik lingkungan UNWIM. Terima kasih yang sebesarnya kami ucapkan kepada  ibu Rahayu Gelar Purnama , Pak Edi Sukmana dan ibu Diva dari PT Dirgantara Indonesia atas keramahan dan bantuan selama kami melaksanakan kunjungan tersebut.
 -------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.