wisata hobby dan lingkungan hidup

Minggu, 22 Mei 2016

SINGAPORE 5 : GARDEN BY THE BAY, SUPERTREE, MARINA BAY SANDS HOTEL

Wisata Singapura yang lain : 1. Dari Bandung ke Hotel Nuve Singapura  2. Seputar Bugis dan Rochor Canal  3. Pulau Sentosa Universal Studio  4. Chinese Garden dan Museum Kura-kura  5. Garden by the Bay Supertree Marina  6. Belanja di Mustafa dan Orhard Road

Garden by the Bay adalah suatu kawasan wisata Singapura yang dikembangkan di lokasi Marina. Untuk membangun kawasan tersebut pemerintah Singapura melakukan reklamasi pantai yang cukup luas sehingga lokasi tersebut menjelma menjadi icon pariwisata yang terkenal. Area yang terletak di bagian Selatan Singapura tersebut terdiri dari 3 area : Bay South, bagian, Bay East dan Bay Central.
Untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut, pada hari Senin tanggal 9 Mei 2016, sekitar pukul 16.00 kami keluar dari hotel menuju stasiun MRT Bugis. Perjalanan ke stasiun Bugis hanya sekitar 15 menit. Dari Bugis kami naik MRT jalur biru arah ke China Town. Hanya melewati satu stasiun, yaitu Promenade. Selanjutnya kita sampai di Stasiun Bayfront. Kita langsung turun di stasiun Bayfront tersebut, keluar stasiun, dan mengikuti petunjuk jalan arah ke Garden by the Bay.
Perjalanan dari stasiun Bayfront lumayan juga jauhnya, namun cukup sejuk karena melewati lorong-lorong di bawah tanah dengan deretan toko-toko di kedua sisinya. Selanjutnya saat sampai di lokasi Garden by the Bay, kami keluar bangunan bawah tanah dengan menaiki anak tangga yang lumayan tinggi (2 lantai). Namun ternyata terdapat juga lift untuk naik menuju garden, sehingga sebenarnya kita dapat menghemat tenaga dengan menaikki lift.

Kawasan Marina
Di bagian depan Garden by the Bay, terdapat kolam atau danau yang dinamai Kingfisher lake. Selain pemandangannya yang indah, kolam atau danau tersebut juga berfungsi sebagai filter untuk membersihkan air waduk Marina (Marina Reservoir). Di sepanjang sisi danau kita dapat menyusuri jalan dan menikmati pemandangan. Di tengah-tengah terdapat patung capung (dragonfly) yang merupakan spot menarik sebagai latar belakang berfoto.

King Fisher Lake
Setelah kita melalui bagian depan waduk, menyeberang jembatan dan berjalan sekitar 150 meter, sampailah kita di lokasi Supertree Groove. Pada Supertree Grove terdapat pemandangan yang luar biasa berupa pohon-pohon baja raksasa, dengan ketinggian setara gedung berlantai 16. Pohon-pohon tersebut disebut sebagai pohon solar karena dirancang untuk dapat mengumpulkan air hujan dan eneri matahari. Untuk berfoto di area tersebut tidak dipungut bayaran.

Supertree
Antara pohon-pohon supertree tersebut terdapat jembatan sepanjang 128 meter yang dikenal sebagai OCBC Skyway. Untuk menaiki jembatan tersebut tiket nya sebesar 5 SGD. Sayang sekali pada saat kami dating tanggal 9 Mei 2016, jembatan tersebut ditutup karena sedang dilakukan pemeliharaan. Jadi kami tidak bisa “uji nyali” menaiki dan melintas pada jembatan tersebut. Mudah-mudahan pada kesempatan lain kami dapat menaiki dan berjalan di atas jembatan OCBC skyway tersebut.

Taman di kaki Supertree
Karena tidak dapat menaiki jembatan OCBC maka kamipun berjalan mengelilingi taman yang terletak pada “kaki-kaki” Supertree tersebut. Salah satu taman disebut sebagai “Chinese garden” yang dihiasi oleh kolam dan batu-batu.

Chinese Garden
Puas menikmati pemandangan Supertree dengan taman-taman di kakinya, kamipun berjalan menuju bagian Garden yang lain atau Bay East. Untuk itu kami berjalan melalui jembatan penghubung yang menghubungkan Bay South dengan Bay East, dari atas jembatan kami dapat melihat pemandangan yang lapang seantero Marina Bay. Termasuk juga dapat melihat Supertree dan Singapore Flier.

Jembatan

Singapore  Flier dan Supertree
Pada Bay East terdapat bangunan hotel Marina Bay Sands yang merupakan hasil maha karya arsitektur yang fenomenal. Marina bay sands saat ini merupakan hotel terkeren di dunia. Bangunan tersebut sangat megah dan unik dengan bentuk kapal di atasnya. Berdiri di atas “3 tiang” (gedung hotel) , dengan konsep “kapal” tersebut menjadi “icon” Singapore, disamping 7 yang sudah ada, yaitu : Merlion, The Esplanade, Singapore Flier, Sentosa Island, Universal Studio , Song of the Sea dan Orchard.

Hotel Marina Bay Sands
Tiga tower tersebut dengan ”kapal” di atasnya yang menyangga bangunan deck skyline dan kolam renang. Marina Bay Sands yang dibangun oleh arsitek Moshe Safdie dengan biaya konstruksi sebesar 5,7 Milyar dolar, merupakan bangunan fenomenal yang memiliki taman raksasa seluas 12.400 meter persegi serta kolam renang terbesar di dunia sepanjang 150 meter pada ketinggian 200 meter.
Selepas melihat mahakarya arsitektur yang fenomenal tersebut kamipun turun kembali menuju stasiun Bayfront. Kali ini kami turun ke stasiun MRT dengan melalui lift dan bukannya melewati tangga. Lumayan bisa menghemat tenaga. Di bangunan yang terletak bawah tanah menuju stasiun merupakan Mall dengan berbagai toko, pusat makanan dan pusat permainan. Salah satu yang menarik disana terdapat semacam kolam yang cukup panjang dan disediakan perahu untuk ditumpangi menyusuri kanal.